Malaysia Menindak Parabola Ilegal yang Mengarah ke Laosat

Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) bertindak atas meningkatnya jumlah parabola ilegal di rumah-rumah di Malaysia.
Komisi telah memperingatkan bahwa kepemilikan peralatan satelit semacam itu ilegal.

"Penyalur dan pemilik rumah dapat dituntut karena memiliki peralatan telekomunikasi yang tidak sah," kata seorang pejabat MCMC kepada The Star.

Kasus tersebut muncul ketika set-top box atau decoder satelit Laos (LaoSat) ilegal, yang memungkinkan pengguna mengakses sekitar 160 saluran televisi, menjadi populer di negara itu.

Hanya dengan RM400, dekoder dapat digunakan untuk menonton acara olahraga, film, dan saluran berita selama setahun.

Sebuah sumber mengatakan bahwa penerima satelit ilegal ini populer di kalangan rumah tangga etnis Cina karena hampir setengah dari program yang dipancarkan melalui KU-band menggunakan bahasa Mandarin.

Sumber itu mengatakan installer lokal menggunakan parabola yang ada untuk menerima siaran.

"Pemasang lokal menggunakan antena parabola diameter 65cm yang ada (dish Astro) dan mengatur ulang arahnya, menghadap ke sisi timur, untuk mendapatkan transmisi siaran," kata sumber itu.

Sumber itu mengatakan decoder, yang diimpor secara ilegal ke Malaysia melalui perbatasan Malaysia-Thailand, dapat diperoleh dengan mudah dari e-commerce lokal dan toko e-shopping.

Pejabat MCMC mengatakan pelanggar akan dikenakan biaya berdasarkan Peraturan Komunikasi dan Multimedia (Standar Teknis) 2000 dan di bawah Bagian 239 dari Undang-Undang Komunikasi dan Multimedia.

Jika terbukti bersalah, pelanggar dapat menghadapi denda maksimum RM100.000, hingga dua tahun penjara atau keduanya.

Pejabat itu mengatakan pelaku juga dapat didakwa berdasarkan Undang-Undang Kepabeanan karena mendapatkan peralatan secara ilegal.

Pelanggar dapat didenda antara 10 dan 20 kali dari nilai item yang disita dan dapat menghadapi hukuman penjara hingga tiga tahun jika mereka tertangkap dengan perangkat.

MCMC telah mendesak mereka yang memiliki informasi tentang penjualan set-top box dan kepemilikan peralatan untuk memperingatkan penyalur peralatan.

Juru bicara Astro Malaysia Holdings Bhd mengatakan mereka sadar bahwa antena parabola mereka digunakan oleh pemasang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan LaoSat.

Juru bicara itu mengatakan mereka bekerja dengan MCMC untuk melihat situasi dan melihat bagaimana cara mendapatkan pelanggan yang telah menghentikan langganan mereka untuk mengembalikan peralatan.

Sumber itu mengatakan penggunaan LaoSat sulit untuk dideteksi karena mereka menggunakan antena parabola Astro untuk menangkap siaran.

"Orang tidak bisa membedakannya kecuali mereka terbiasa dengan posisi di mana antena menghadap untuk menerima siaran," kata sumber itu.

“Ada banyak installer yang menawarkan layanan seperti itu dan jumlahnya meningkat dalam satu tahun terakhir karena popularitasnya. Teknisi ini hanya membebani RM150 untuk instalasi dan RM250 lainnya untuk decoder. ”

Vendor decoder LaoSat, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan ia memasang antara enam dan delapan decoder seminggu.

“Jika parabola lokal yang ada tersedia, ada kebutuhan untuk memposisikan ulang parabola dan pekerjaan ini dapat dilakukan dalam waktu 15 menit.

“Mendapatkan posisi yang tepat untuk menerima transmisi LaoSat mudah dan cepat secara umum, tergantung pada waktu dan cuaca,” katanya.

Sumber itu mengatakan siaran LaoSat ditargetkan untuk rumah tangga dan penggemar sepak bola berbahasa Cina.

“Ada banyak program Cina, termasuk acara olahraga langsung. Ada juga saluran yang didedikasikan untuk pertandingan sepak bola Inggris dan Eropa selain dari program berita dan berbagai drama Cina, ”kata sumber itu.

Sumber itu mengatakan, set-top box LaoSat ilegal ini diperkenalkan ke Malaysia awal tahun lalu sebelum turnamen Piala Dunia.

Siaran satelit, yang dioperasikan oleh Lao Asia Pacific Satellite Company Limited, mencakup seluruh negara Asia Tenggara, semenanjung Indo-Cina, Cina dan sejauh India, Pakistan, dan sebagian Afghanistan.

Sinyal satelit dipancarkan dari Vientiane.
.
Sumber: https://www.thestar.com.my/…/illegal-satellite-dish-crackdo… (Google Terjemahan)

Belum ada Komentar untuk "Malaysia Menindak Parabola Ilegal yang Mengarah ke Laosat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel