Panduan Cara Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4

Satelit Telkom 4 merupakan satelit yang sukses diluncurkan setelah rusaknya satelit telkom 1 kemarin. Dengan rusaknya satelit telkom 1 menyebabkan siaran yang ada di telkom 1 pindah secara sementara ke satelit telkom 3s. Tidak lama kemudian satelit telkom 4 mulai aktif dan sudah di isi oleh beberapa frekuensi yang berasal dari satelit telkom 3s.
Namun, sebagian orang kesusahan dengan bagaimana cara tracking ke satelit telkom 4 menggunakan dish parabola untuk lock satelit palapa d dan telkom 4 secara bersamaan?

Baiklah, dibawah ini saya akan membahas bagaimana panduan tracking yang benar untuk lock satelit palapa d dan telkom 4. Tanpa panjang lebar silahkan cek caranya di bawah ini.

Panduan Cara Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4.
  1. Kami mencoba tracking menggabungkan satelit telkom 4 dan palapa d. Cara yang dilakukan adalah melakukan tracking ke satelit palapa d terlebih dahulu. Yang artinya lnb untuk palapa d untuk fokus sementara lnb telkom 4 sebagai offset.
  2. Untuk jaraknya antara kedua lnb berkisaran 2.5CM dengan kedalaman 40 menggunakan antena parabola 6 feet solid.
  3. Berikutnya silahkan buat terlebih dahulu nama satelit telkom 4 dan palapa d pada pengaturan receiver parabola.
  4. Bila sudah silahkan masukan satu transponder terkuat dari satelit palapa d, salah satunya frekuensi RTV (3863 V 4333).
  5. Selanjutnya silahkan tracking ke transponder tersebut dengan arah antena parabola condong kebarat. Lihat pergerakan bar sinyal pada layar tv. Bila ditemukan pastikan sinyal paling maksimal, sambil mengencangkan baut mounting utama dan baut tiang kemiringan dan penyangganya.
  6. Selanjutnya silahkan masukan transponder dari trans7 pada pengaturan satelit di telkom 4 (3875 H 6000), lihat pada bar sinyal apakah sinyal langsung terlock atau belum. Bila sudah coba gerak-gerakan (naik turunkan timur ke barat) secara perlahan dan lihat pergerakannya.
  7. Langkah lanjutanya yang mungkin diperlukan adalah posisi antena parabola selain menghadap barat (matahari terbenam) antena (wilayah kami kaltim) juga condong ke selatan. Untuk mensettingnya dengan cara mengubah posisi mur penyangga yang ada.
  8. Di shoot pada posisi arah selatan.
  9. Hasil yang didapat selain hampir seluruh siaran yang berada pada satelit palapa d terlock, beberapa siaran yang sudah aktif pada satelit telkom 4 pun sukses terlock.
  10. Terakhir saran kami bila anda masih pemula dan arah antena menghadap telkom 3s dan palapa d mungkin tak perlu mengubah posisi ke palapa d dan telkom 4. Karena panduan diatas sekedar informasi umum saja bagaimana cara melakukan tracking ke satelit yang dimaksud.
  11. Bagi kalangan tracker tidak salahnya mencoba tracking satelit tersebut sambil memonitor perkembangan siaran-siaran yang ada selain persiapan bila benar nantinya siaran yang ada di telkom 3s migrasi kembali ke telkom 4.
Demikian untuk artikel tentang panduan cara tracking satelit palapa d dan telkom 4.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel