Cara Tracking Satelit Telkom 4 Dengan Mudah

Satelit Telkom-4 atau Satelit Merah Putih adalah satelit komunikasi geostasioner milik Indonesia dibawah perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia yang diluncurkan pada tanggal 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu setempat atau jam 12.18 WIB menuju slot orbitnya di 108 derajat bujur timur menggunakan Falcon-9, dengan bobot utuh roket 80 ton dan tinggi 70 meter milik SpaceX di Cape Canaveral Air Force Station, Orlando, Florida, Amerika Serikat.
Satelit ini membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan.

Pada satelit Telkom 4 ini sudah beberapa frekuensi yang aktif dan masih akan terus terisi secara bertahap. Dengan adanya satelit Telkom 4 membuat para tracker menjadi untung yang karena ramai yang minta carikan satelit Telkom 4 ini.

Namun, bagi anda yang masih pemula atau kurang mengerti dengan bagaimana cara tracking satelit Telkom 4 dengan mudah? Di bawah ini beranda satelit sudah membuat postingan tentang cara tracking ke satelit Telkom4 dengan mudah menggunakan satu LNB.

Baiklah, di bawah ini adalah tutorial tracking satelit Telkom 4 secara menual dengan LNB C Band. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan pada kolom komentar.

Cara Tracking Satelit Telkom 4 Dengan Mudah.
  1. Pastikan pada pemasangan LNB C Band nya fokus terhadap antena parabola.
  2. Untuk posisi antena parabolanya menghadap kebarat pada 108 derajat bujur timur.
  3. Untuk mempermudah trackingnya, silahkan lock terlebih dahulu frekuensi dari provider Skynindo (3560 V 30000). Skynindo ini berada pada satelit chinasat 10 pada posisi 110 derajat bujur timur dan hanya berjarak 2 derajat dengan satelit telkom 4.
  4. Silahkan tracking seperti biasa turunkan antena ke arah barat dan lihat bar sinyal pada layar televisi. Bila belum ditemukan juga pastikan kemiringan antena atau kecondongan utara-selatannya dimain-mainkan (naik-turunkan) sambil tetap memonitor pergerakan bar sinyal.
  5. Bila sudah terlock, pastikan sinyalnya yang diterima paling maksimal. Lalu silahkan scan terlebih dahulu frekuensi tersebut. Jangan lupa kencangkan terlebih dahulu baut tiang utama dan juga di tiang penyangga kemiringan antena.
  6. Selanjutnya adalah, silahkan masukan frekuensi terkuat telkom 4 yaitu 3875 H 6000 (frekuensi trans 7). Lalu kita langsung tracking frekuensi tersebut dengan menurunkan antena parabola ke barat secara perlahan-lahan tidak lebih dari 3 cm dan lihat pergerakan bar sinyal.
  7. Jika sinyal sudah muncul silahkan anda blind scan otomatis/scan buta saja untuk mengetahui channel-channel apa saja yang akan terlock.
  8. Jika channel sudah bermunculan berarti kalian sudah sukses tracking atau lock satelit Telkom 4.
Demikian untuk cara tracking satelit Telkom 4 dengan mudah menggunakan LNB C Band.

Belum ada Komentar untuk "Cara Tracking Satelit Telkom 4 Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel