Cara Mengatur atau Setting LNB Ku Band Dengan Mudah

LNB adalah singkatan dari Low Noise Block. LNB ini adalah perangkat yang diletakan di depan dish parabola untuk menerima sinyal gelombang micro dalam level sangat rendah dari satelit dan mengirimkannya melalui kabel ke penerima siaran (receiver).
Dengan adanya LNB kita jadi bisa menonton acara-acara televisi yang ada pada satelit yang dituju menggunakan LNB.

Namun untuk mengatur atau mensetting LNB merupakan salah satu kendala bara sebagian orang untuk mencari atau lock satelit yang dituju.

Untuk kalian yang penasaran bagaimana cara mengatur LNB pada parabola, dibawah ini beranda satelit update artikel tentang mengatur LNB Ku Band pada receiver parabola.

Cara Mengatur atau Setting LNB Ku Band Dengan Mudah.

Bahwa lnb jenis ini cakupan frekuensinya sangat lebar yaitu dari frekuensi 10.700 MHz sampai 12.750 MHz. Artinya lebarnya 2050 MHz. Frekuensi selebar itu tidak bisa di hendel oleh receiver yang kemampuannya dari 950 MHz sampai 2150 yang artinya lebarnya hanya 1200 MHz.

Oleh karena itu lnb ku-band menggunakan dua buah frekuensi local oscillator. Local oscillator ini membagi frekuensi ku-band menjadi 2 bagian. Yaitu range frekuensi 10.700 MHz sampai 11.700 MHz. Dan range frekuensi 11.700 MHz sampai 12.750 MHz.

Yang umum dipasaran adalah L.O. frekuensi universal 9750-10600. Antara 9750 dan 10600 ini dipisah dengan switch 22k. Jadi jangan heran kalau pada semua receiver, jika frekuensi lnb diatur universal 9750-10600, maka switch 22k tidak bisa diatur. Ini karena switch 22k akan otomatis. Jika masuk di frekuensi rendah secara otomatis 22k akan off dan ketika masuk di frekuensi tinggi secara otomatis 22k akan on.

Di indonesia ada beberapa provider tv satelit yang menggunakan frekuensi ku-band, diantaranya:
  • Big TV (Satelit JCSAT 4B)
  • Aora TV (Satelit Thaicom 4)
  • Matrix Garuda Ku (Satelit SES 9)
  • Ninmedia (Satelit Chinasat 11)
  • K-Vision (Satelit Measat 3A)
  • Transvision (Satelit Measat 3B)
  • SMV Freesat (Satelit ABS 2)
Dari daftar provider tv diatas, sebagian menggunakan frekuensi ku-band rendah dan sebagian menggunakan frekuensi ku-band tinggi.

Yang menggunakan frekuensi rendah adalah:
  • Aora TV
  • Matrix Garuda Ku
Jika pengaturan satelit menggunakan single frekuensi, maka frekuensinya adalah 9750, 22k off. Jika 22k di on kan, maka sinyal akan hilang karena jika 22k di on kan, maka akan masuk di frekuensi tinggi. Sedangkan profider tv lainnya menggunakan frekuensi tinggi. Pengaturan satelit di 10600 dan 22k harus on. Jika 22k di off kan maka sinyal akan hilang.

Demikia untuk artikel tentang Cara Mengatur LNB Ku Band Dengan Mudah.

1 Komentar untuk "Cara Mengatur atau Setting LNB Ku Band Dengan Mudah"

  1. Wah baru tau soal ini, saya kira 22K itu alat Switch semacam DiseqC, jadi On atau Off ya tergantung kita pasang LNB di port yg mana di alat Switch 22K.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel