Cara Membetulkan Receiver Mata Merah

Receiver mata merah yaitu sebutan dimana receiver hanya menyala lampu merah saja dan tidak mau booting atau loading. Namun tidak hanya sebatas lampu merah saja karena ada beberapa receiver yang yang tidak ada lampu merah indikator powernya.

Terkadang ada juga receiver yang hanya mode on saja, yaitu displai panel depan hanya menunjukkan tulisan ON dan tidak mau meneruskan ke proses selanjutnya. Dan masih ada beberapa lagi indikator receiver mata merah ini. Intinya receiver mata merah adalah receiver yang sudah dikasih arus listrik tetapi tidak mau menyala.

Baiklah, di bawah ini kami sudah membahas mengenai penyebab, ciri-ciri, dan cara membetulkan receiver yang mata merah.

Penyebab Receiver Mata Merah.
  1. Gagal upgrade, mungkin ketika kalian upgrade firmware kalian melakukan kesalahan atau saat upgrade receiver PLN mati lampu.
  2. AC matic mengalami kerusakan.
  3. Board receiver mengalami masalah.
Ciri-Ciri Receiver Mata Merah.
  1. Awal mula receiver dihidupkan loadingnya lumayan lama, tidak seperti biasanya hanya menunggu beberapa detik receiver langsung mengirim signal ke televisi.
  2. Ada suara mecurigakan dari dalam receiver, penyebabnya mungkin trafo ac matic dan elco hamil [menggelembung].
  3. Quality parabola kadang tidak ada, padahal signal luber. Hal ini karena LNB tidak bekerja dengan semestinya karena arus 18 volt kurang jika elco ac matic mengalami masalah.
  4. Apabila udah sekarat receiver tidak bisa apa-apa, lampu indikator tidak bisa berbah ke warna hijau.
Cara Memperbaiki Receiver Mata Merah.
  1. Jika kesalahan upgrade silahkan upgrade manual (flash receiver mata merah) menggunakan file asli dari receiver kalian.
  2. Jika pada travo ac matic, ganti travo tersebut dengan travo baru. Caranya lepas travo menggunakan solder, bawa travo yang rusak ke toko elektronik untuk contoh agar sama ukurannya dengan travo tersebut, ketahui dulu travo ac matic rusak biasanya berbau gosong seperti gas, dan ada suara seperti ban bocor. (travo ac matic receiver getmecon)
  3. Jika elco rusak disertai dengan menggelumbung dibagian atas elco seperti baru hamil, ganti sesuai dengan ukuran elco tersebut. Misalnya dari 12volt 1000mf bisa agan ganti ke 12volt 2200mf, semakin besar semakin kuat untuk mengirim dc ke board dan LNB.
  4. Jika elco board rusak silahkan diganti, ciri-ciri seperti point diatas. Apabila elco dalam keadaan sehat, berarti ada IC yang rusak, cara memperbaiki yaitu hanya ganti Receiver Baru.
Demikian untuk artikel mengenai Cara Membetulkan Receiver Mata Merah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membetulkan Receiver Mata Merah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel