Cara Lock Satelit Telkom 4 Versi Panjang dan Lengkap

Bagaimana cara lock satelit Telkom 4 untuk pengguna parabola dengan 2 LNB ?, Jarak antara satelit Telkom 3S dengan Palapa D, serta antara satelit Palapa D dengan Telkom 4, yaitu sama, 5 derajat. Sehingga tidak perlu lagi merubah jarak antara LNB 1 dan LNB 2 di braketnya (dudukan LNB).
Ada beberapa cara untuk lock satelit Telkom 3S, yaitu menggeser antena parabola ke arah timur, atau memutar tiang fokus 180 derajat (khusus tiang tunggal berbentuk cangkul, bukan tripod).

Untuk lock satelit Telkom 3S dengan menggeser antena parabola ke arah barat, pertama-tama ubah sebagian pengaturan pada reciver anda. Silakan tambahkan list satelit baru di resiver anda dengan nama Telkom 4. Jika anda menambahkan list satelit baru dengan nama Telkom 4, maka segala pengaturan lnb pada Palapa D anda pindahkan ke Telkom 4, dan segala pengaturan lnb pada Telkom 3S anda pindahkan Ke Palapa D.

Berikut ini sedikit pengaturan yang diubah:

SEBELUM
Telkom 3S: Port 1 / LNB 1, 22KHz = ON
Palapa D: Port 2 / LNB 2, 22KHz = OFF

SESUDAH
Palapa D: Port 1 / LNB 1, 22KHz = ON
Telkom 4: Port 2 / LNB 2, 22KHz = OFF (jika menambah list satelit baru dengan nama Telkom 4)

NB:
- Untuk pengaturan 22KHz tidak terlalu mempengaruhi, terkecuali jika anda memang menggunakan switch 22khz, tinggal mengikuti saja yang diterapkan di resiver anda sebelumnya

Setelah Palapa D diubah jadi Port 1 / LNB 1, maka kualitas sinyal dari seluruh siaran dari Palapa D (tvOne, MNCTV, RCTI, dll) akan menghilang.

Untuk bisa lock Palapa D kembali (setelah pada pengaturan diubah jadi Port 1 / LNB 1), maka anda harus geser antena parabola anda ke arah barat.

Silakan standby pada siaran tvOne (bisa juga pada siaran lain seperti MNCTV atau MetroTV), tekan info, muncul kualitas sinyal yang masih 0 persen.

Lalu mulailah anda geser antena parabola anda ke arah barat dengan melonggarkan baut pada besi penyangga antena parabola. Geser pelan-pelan ke arah barat sampai kualitas sinyal dari tvOne muncul kembali, dan jika sudah muncul, geser lagi sedikit agar kualitas sinyalnya semakin tinggi, dan kancing kembali dengan baut pada besi penyangga.

Lalu silakan scan otomatis (blindscan) pada satelit Telkom 4 (yang sudah jadi Port 2 / LNB 2), maka anda sudah bisa mendapatkan siaran-siaran dari Telkom 4.

Belum ada Komentar untuk "Cara Lock Satelit Telkom 4 Versi Panjang dan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel