Sekilas Tentang Satelit JCSAT 3A

JCSAT-3A, yang dikenal sebagai JCSAT-10 sebelum diluncurkan, adalah satelit komunikasi geostasioner yang dioperasikan oleh SKY Perfect JSAT Group yang dirancang dan diproduksi oleh Lockheed Martin pada platform A2100.
Satelit JCSat 3A sebenarnya sudah tidak terisi lagi oleh frekuensi C Band. Yang tersisa adalah frekuensi Ku Band, dari pay TV Jepang yaitu Sky PerfecTV.

Hampir seluruh siaran dari pay TV tersebut berkualitas HD, termasuk belasan channel adult (Rainbow, Paradise dll). Namun kebanyakan diacak (dan belum bisa open melalui fly). Tapi kadang2 ada beberapa yang diFTAkan setiap awal bulan.

Sebenarnya beam yang digunakan oleh pay TV tersebut adalah beam tipe Japan, yang jangkauannya secara teori hanya sampai Taiwan (tidak sampai ke Filipina). Namun pada prakteknya, satelit tersebut ternyata mampu dilock di wilayah Indonesia, tepatnya di Sulawesi Utara dan Gorontalo (lihat detailnya pada foto).

Tentunya untuk lock satelit JCSat 3A yang sangat jauh jangkauan beamnya, alat tempurnya tidak main main, yaitu dish 8 feet solid merk Freesat, dan LNB Ku Prime Focus sekuat Stargold Fuji SG900 (total harga keduanya mencapai 4,5-5 juta rupiah).
.
Dengan dish 8 feet solid merk Freesat, dan LNB Ku Prime Focus sekuat Stargold Fuji SG900 pula, Skynet Myanmar yang beamnya hanya di Aceh pun, bisa dilock sampai ke NTB.

Belum ada Komentar untuk "Sekilas Tentang Satelit JCSAT 3A"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel