Cara Membedakan Receiver Mpeg2 dan Mpeg4

Secara sederhana, perbedaan receiver mpeg2 dengan receiver mpeg4 terletak pada formatnya saja. Analoginya seperti perkembangan VCD dan DVD (VCD player bisa memutar VCD dan tak bisa memutar DVD sedangkan DVD Player bisa memutar keduanya).
Begitupula Mpeg2 dan Mpeg4, Channel berformat mpeg2 bisa diterima di receiver mpeg2 dan tak bisa menerima channel berformat mpeg4, sedangkan receiver mpeg4 bisa keduanya. Sehingga Channel yang ditangkap bisa 2 kali lebih banyak, sebagai contoh jika anda melakukan scan otomatis di receiver mpeg2 anda hanya akan mendapat 50 channel, sedangkan menggunakan receiver mpeg4 bisa 150 channel.

Dalam memilih Receiver Mpeg4 ada baiknya anda harus membeli yang sudah Support HD (High Definition) hal ini dikarenakan Channel berformat mpeg4 kebanyakan  beresolusi HD (High Definition).

Untuk mengetahui apakah receiver anda masih berformat Mpeg2 atau sudah Mpeg4 bahkan HD sebenarnya ada beberapa cara.

Cara Membedakan Receiver Mpeg2 dan Mpeg4.

1. Cara Pertama
Bila anda masih memiliki box/kotak receiver, perhatikan dan cari tulisan MPEG2, MPEG4 dan HD. Bila sekiranya tidak terdapat tulisan tersebut pastikan amati tulisan DVB-S dan DVB-S2.

Bila tertulis DBV-S, maka receiver yang anda miliki masih berformat MPEG2 dan tidak bisa membuka channel berformat MPEG4 hingga yang berkualitas HD.

Bila tertulis DVB-S2, maka bisa dipastikan receiver anda sudah mensupport MPEG4 yang secara otomatis juga dapat membuka channel MPEG2. Namun untuk memastikan apakah sudah mampu membuka channel berkualitas HD di lihat juga apakah dibox ada tertulis support HD.

2. Cara Kedua
Tips berikutnya ini anda lakukan bila sekiranya anda sudah tidak memiliki box/kotak receivernya lagi, maka cara ini bisa memudahkan anda apakah receiver sudah support HD, MPEG4 atau masih MPEG2.

Cara yang kami maksud adalah menscan beberapa transponder dibeberapa format video. Teknisnya silahkan coba masukan data transponder (frekuensi dan simbol rate) lalu lanjutkan scan transponder tersebut (dalam percobaan adalah transponder di satelit palapa d).

Scan transponder 3746 H 4400 (NET HD) setelah sukses terscan lihat apakah channel tersebut tayang/dapat disaksikan. Jika dapat disaksikan maka sudah dipastikan receiver anda sudah support MPEG4 dan MPEG2, bila tidak lanjutkan ketahap berikutnya.

Scan tranponder 3934 H 7199 (MNC Group), bila channel dapat disaksikan/tayang maka receiver anda sudah support MPEG4 dan MPEG2 tetapi belum support kualitas HD. Namun bila sebaliknya maka bisa dipastikan receiver anda masih/hanya mensupport format MPEG2 saja.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Receiver Mpeg2 dan Mpeg4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel