Apakah Pemancar Signal Telepon Seluler (Tower) Dapat Mengganggu Signal Parabola?

Ada kejadian dimana ketika tracking dimana sulit sekali untuk mendapatkan signal parabola, jika dapat pun hanya berapa persen saja. Memang kondisi pada saat tracking disekitar parabola terhalang oleh sebuah menara pemancar signal telepon seluler (tower), apakah itu berpengaruh terhadap signal parabola?.
Antena Microwave (bulat) ditower punya freq yang hampir sama dengan freq lnb 7, 8, 13, 15, 21, 23 GHz. Jika Antena Microwave mengarah ke Antena Microwave tower lain dan kebetulan lnb yang dipasang sama dengan freq di atas dan parabola sejalur dengan Antena Microwave bisa jadi interference (gangguan). Maka solusinya pindah lokasi antenna parabola jangan sejalur dengan Antena Microwave di tower.

Jika posisi parabolanya disamping tower dan arah lnb tidak mengarah ke tower maka tidak akan berpengaruh (tidak masalah). Tapi jika posisi antena parabola dengan satelit dihalangi tower maka akan menghalangi signal parabolanya. Kesimpulannya jika dish parabola terhalang tower akan berpengaruh, tapi kalau cuma berdekatan dengan tower saja tidak akan bermasalah dengan signal yang didapat dari LNB.

Cara yang lainnya untuk mengatasi masalah ini adalah meletakkan parabola di lokasi yang sekelilingnya terhalang tembok, jadi sinyal liar dari samping terhalang dan hanya dari atas terbuka. Pernah masang ku band ninmedia cekot-cekot semua, setelah saya liat tetangga pasang parabola mesti dibawah tidak ada yang diatas genteng. Akhirnya sembuh setelah dari samping terhalang tembok.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Pemancar Signal Telepon Seluler (Tower) Dapat Mengganggu Signal Parabola?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel