Cara Tracking Parabola Untuk Mendapatkan Siaran XJTV-5 dan CTN Untuk Piala Dunia 2018

CTN dkk akan menyiarkan Piala Dunia 2018, sementara XJTV-5 masih prediksi dan baru bisa diketahui nanti malam 14 Juni 2018.
CTN, MYTV, CNC
Satelit: Apstar 6 (134 BT)
4052 H 9628 (C Band)
Mpeg2/Fta (akan diacak Biss selama event berlangsung)
Beam menjangkau seluruh wilayah Indonesia
Komentator = bahasa Khmer (lokal)

XJTV-5
Satelit: Chinasat 6A (125 BT)
4120 H 27500 (C Band)
Mpeg2/Fta
Beam menjangkau seluruh wilayah Indonesia
Komentator = bahasa Uighur

Cara Tracking Parabola Untuk Mendapatkan Siaran XJTV-5 dan CTN.
  1. Untuk lock satelit Apstar 6 dari Palapa D, sebaiknya lock dulu satelit-satelit terdekat, mulai dari Telkom 3s, lalu Chinasat 6a, lalu Apstar 6. Mengapa harus Telkom 3s?? Karena rata-rata pengguna 1 LNB hanya lock di Palapa D, terkecuali jika anda pengguna 2 LNB bisa langsung ke Chinasat 6a saja.
  2. Bagi pemula, sudah jelas tracking atau menggeser parabola ke arah tertentu menyebabkan siaran lokal di Palapa dan Telkom menjadi hilang, kecuali posisi parabolanya dikembalikan seperti semula. Kemiringan utara-selatan juga cukup berpengaruh jikalau ingin lock satelit luar (tapi jika anda adalah pemula, maka sebaiknya jangan geser kemiringan utara-selatan dulu, kecuali jika pada hasil sebelumnya sinyalnya diperoleh rendah). Pastikan jangan sampai mentok antena parabola (dish) anda, dan jangan sampai terhalang apapun di atas dish seperti pohon atau bangunan.
  3. Pertama-tama dapatkan dulu satelit Telkom 3s (jika antena parabola anda hanya 1 LNB, untuk 2 LNB tidak perlu). Masukkan frekuensi 3587 H 6000 - siaran Trans TV (anda masukkan datanya di pengaturan untuk satelit Palapa saja di resiver anda), lalu geser parabola ke arah timur sedikit saja dengan melonggarkan baut pada besi penyangga parabola (menggeser ke arah timur, bukan memutar antena parabola), sampai dapat sinyalnya pada frekuensi tersebut. Sebelum menggeser, alangkah baiknya berikan sebuah tanda spidol pada besi penyangga, agar nanti jika ingin kembali ke siaran lokal dari Palapa D, maka tinggal menggeser ulang sampai ke tanda spidol tersebut.
  4. Setelah lock Telkom 3s, masukkan lagi frekuensi XJTV-5 yaitu 4120 H 27500 untuk mendapatkan satelit Chinasat 6a (kualitas sinyalnya sangat tinggi). Geser lagi parabola ke arah timur, kali ini gesernya cukup jauh. Geser hingga dapat sinyalnya di frekuensi tersebut. Harusnya bisa dilock dengan mudah, karena XJTV-5 sendiri sinyalnya sangat kuat.
  5. Nah, terakhir, lock satelit Apstar 6. Masukkan frekuensi CTN - 4052 H 9628, lalu geser parabola ke arah timur kembali, dengn selisih jarak yang hampir sama dengan poin keempat (kira-kira selisih jarak dari Chinasat 6a ke Apstar 6 hampir sama dengan selisih jarak dari Chinasat 6b ke Chinasat 6a), sehingga dapat sinyalnya pada frekuensi tersebut. Untuk frekuensi CTN, sinyalnya juga meluber. Scan manual frekuensi tersebut, maka akan didapatkan siaran CTN, My TV, dan CNC.
  6. Tambahan : Jika anda sudah lock Apstar 6, anda bisa lock satelit Vinasat 1 dengan cara menggeser sedikit ke arah barat, frekuensi terkuat 3590 V 19200 (VTV dkk yang juga akan menyiarkan Piala Dunia).

Belum ada Komentar untuk "Cara Tracking Parabola Untuk Mendapatkan Siaran XJTV-5 dan CTN Untuk Piala Dunia 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel