Cara Membuat Antena Parabola Sendiri

Penggunaan Antena Parabola untuk menangkap sinyal siaran tentulah wajib dimiliki, namun sebelum melakukan pencarian yang dituju maka diperlukan antena parabola yang sesuai peruntukannya. Idealnya makin besar ukuran antena parabola maka makin mudah mendapatkan sinyal yang dicari.
Untuk membuat jamur parabola sendiri, tutorial ini belum di praktekan, sekali lagi cuma impian, barangkali ada teman-teman yang ingin mewujudkannya, silahkan.

Berawal dari keinginan mendapatkan siaran satelit yang jauh dari jangkauan saya berkeinginan membuat dish sendiri, setelah membaca beberapa referensi saya mencoba membuat tutorial ini, walaupun saya belum membuatnya namun barangkali ada teman teman yang memiliki kesempatan dan kemampuan mungkin bisa mewujudkannya, dan dengan terbuka kita mendiskusikannya dan barang kali ada teman yang mau menambah di persilahkan.

Beberapa pengetahuan yang mungkin harus dimiliki (Terus terang saya juga tidak memiliki pengetahuan ini) :
  1. Pengetahuan membuat fiberglass
  2. Pengetahuan Matematika, terutama mengenai lingkaran
  3. Pengetahuan ilmu bangunan (gak mesti kayaknya)
Langkah-Langkah Membuat Antena Parabola.
1. menentukan desain dish, termasuk rangka dan  bandul
   desain ini menentukan ukuran dish berapa feet/meter yg kita buat
   sebagai acuan:
  • 6 feet : 1.8288000000000002 meter
  • 7 feet : 2.1336 meter
2. Selanjutnya liat unit converter, dari sini kita akan menentukan jari-jari parabola yang akan kita gunakan, (mungkin ada rekan rekan di sini ada yang bisa membantu rumusnya).
Selanjutnya dengan jari-jari tersebut kita akan menentukan bentuk dari lengkungan parabola, kita bisa menggunakan bantuan tali paku dan tiang untuk membuat lengkungan caranya sebagai berikut:
  1. Carilah tempat yang cukup luas dan rata tidak perlu seluas parabola yang kita inginkan namun sebaiknya tidak lebih kecil dari 2/3 nya dan sebaiknya di ukur kemiringannya jangan terlalu miring dan kalo bisa cukup keras (cukup untuk membuat kepala benjol jika jatuh, hehehe) lantai jemur padi boleh juga.
  2. Tancapkan paku di bagian pinggir pinggir tengah area usahakan paku tertancap dengan keras dan sisakan bagian yang tidak tertancap untuk mengaitkan dengan tali. Ikatkan paku yag menonjol tadi dengan tali yg kita miliki, usahakan tali yang digunakan tidak memanjang ketika ditarik (bisa juga menggunakan kawat, ikatan pada paku tadi diusahakan longgar sehingga tali dapat bergerak bebas ketika di putar nanti.
  3. Pada ujung yang lain di ikatkan pada penanda, boleh bolpoin pensil atau pena, terlebih dahulu ukur panjang tali sesuai jari-jari parabola. Usahakan ikatan tali dengan penanda jangan terlalu jauh karena akan mempengaruhi bentuk dari parabola kita. Jika tali penanda sudah siap kita lanjut ke penandaan.
1. Penandaan Lapangan 
Pertama adalah penandaan lapangan yang akan menjadi landasan untuk menentukan panjang mall untuk plat besi/kayu kita. Tarik tali penanda setegang mungkin ukur sesuai dengan lihat gambar untuk membayangkan.
Untuk lengkungan tidak perlu seluruhnya hanya 1/8 saja (kenapa?) pada umumnya lengkungan parabola adalah seperempat dari lengkungan parabola dan untuk membuat cetakan hanya perlu setengahnya. setelah lengkungan digambar ke plat besi (mungkin dari rekan-rekan ada yang punya ide bahan yang lain silahkan, mari kita diskusikan, yang lebih mudah memotongnya, lebih mudah menjadi cetakan nantinya). Untuk memperkuat lembar plat sebaiknya diberikan penguat seperti tiang besi kotak yang kita las ke plat sehingga tidak bergeser plat besinya ketika diputar nanti. Kemudian ujungnya di las dengan tabung besi yang akan jadi poros (lihat gambar)

2. Membuat Mold (Cetakan)
Setelah plat besi untuk membuat mold sudah jadi selanjutnya adalah membuat moldnya sebaiknya untuk membuat mold dicari tempat yang luas sebaiknya tertutup dari matahari langsung untuk menghindari pengeringan terlalu cepat selain mengurangi resiko kehujanan, selain itu ketika bekerja membuat dish tidak kepanasan.
Sekali lagi dibutuhkan tempat yang luas datar sehingga ketika memutar plat besi lancar tidak terkendala suatu apapun, gali lubang yang cukup dalam ditengah area kerja. semakin dalam semakin bagus. tentunya sesuai tiang acuan plat

3. Pembuatan Dish
Untuk langkah ini butuh petunjuk yang mengerti masalah pembuatan resin komposit aka fiber intinya fiberglas tidak dapat memantulkan sinyal oleh karena itu dibutuhkan bahan pemantul, pada dish-dish komersil biasanya yang digunakan adalah serbuk logam bisa aluminium, besi maupun seng. Mungkin tergantung kesediaan bisa mana yang digunakan, untuk percobaan kita bisa gunakan aluminium foil, bisa menggunakan lembaran panjang, dengan berbagai lebar dari yang hanya beberapa mili sampai beberapa puluh senti meter, biasanya banyak dijumpai di pasar swalayan.
  1. Langkah pertama, mold yang sudah jadi dilapisi dengan wax/lilin, biasanya yang mengerti mengenai pembuatan fiber tau bahannya. 
  2. Kemudian setelah rata di ratakan cairan resin lapis pertama, sambil berjalan meratakan sekeliling mold dilakukan dengan pemberian aluminium foil supaya tidak cepat mengeras resin dan bisa lengket dengan aluminium foil.
  3. Setelah rapih sekelilingnya dapat dilapisi dengan rangka yang sudah dibuat untuk memperkuat dish. Rangka ini bisa dari tripleks atau lembaran plastik, kok kayu apa tidak rapuh kalau terkena air ?, tidak karena nanti akan terlapisi resin.
  4. Setelah rangka kemudian lapisi dengan matt (lembaran palsatik rambut) mentutupi semua bagian dish sambil diberi resin setelah kelar tunggu kering lapisan pertama. Untuk berapa lapis yang paling bagus mungkin ada yang bisa menambahkan (bagaimana perbandingan antara harga dan kekuatan).
(Hasil Pembuatan Parabola Sendiri)

Itulah tutotial Cara Membuat Antena Parabola Sendiri, silahkan dicoba jika ingin membuat atau bereksperimen membuat antena parabola sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Antena Parabola Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel