Cara Menggabungkan Channel Fiji TV dan Channel PLTV Pada Satu Parabola

Bicara tentang satelit ada sebuah satelit incaran para tracking mania yang saat ini masih hangat karena dikabarkan menayangkan liga inggris di sebuah chanel yaitu chanel PLTV dan Fiji TV. Saat ini satelit eutelsat 172a/172b dan satelit intelsat 19 masih hangat-hangatnya diperbincangkan oleh para tracker parabola.

Betapa tidak kedua satelit ini menjadi buruan karena didalamnya terdapat beberapa channel yang menyiarkan Liga Inggris dan Laliga. Adapun channel-channel target yang dimaksud adalah seperti saluan FIJI TV, ESPN dan Sport Action HD yang berada di satelit Intelsat 19. Sementara itu yang tak kalah menariknya di satelit Eutelsat 172A/172B adalah saluran PLTV yang menyiarakan Liga Inggris.

Nah pada pembahasan kali ini, kami akan sedikit mengulas bagaimana caranya menggabungkan satelit Intelsat 19 (166 derajat bujur timur) dengan satelit Eutelsat 172a (172 derajat bujur timur). Bila kita lihat derajat dari kedua satelit tersebut, maka memungkinkan untuk menggabungkannya dalam satu antena parabola sehingga channel-channel yang ada didalamnya dapat terlock dengan sempurna.

Setelah sebelumnya sempat melock beberapa satelit diantaranya pernah memposisikan khusus pada satelit eutelsat 172A untuk menonton saluran PLTV, lalu beberapa hari kemudian kami mengubah dan melock satelit Measat yang digabungkan dengan satelit Thaicom.

Selanjutnya, untuk melock kedua satelit ini terbilang mudah karena memang jangkauan beam nya meliputi seluruh wilayah indonesia. Dan bila kita lihat gambar diatas terlihat posisi antena parabola condong dan menghadap ke timur atau posisi matahari terbit.

Sementara itu untuk melocknya tidak ada aturan khusus, satelit mana yang akan dijadikan/posisi fokus atau posisi ofset. Pada percobaan kami kali ini, kami memposisikan LNB C Band untuk satelit Intelsat 19 sebagai focus sementara LNB C Band untuk satelit Eutelsat 172A pada offset. Adapun jarak LNB dari kedua satelit tidak jauh berbeda seperti jarak telkom 3s dengan palapa d. Terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara Menggabungkan Channel Fiji TV dan Channel PLTV Pada Satu Parabola.

Alat tempur
  1. Niat
  2. TV
  3. Dish
  4. 2 LNB C band
  5. Receiver
Proses Tracking
Proses yang kami lakukan adalah kami langsung channel YTN pada satelit intelsat 19, yakinkan channel ini bisa terlock sinyal hinggal 72% bila belum/tidak maka susah untuk melock channel Fiji TV. Betapa tidak dibeberapa kasus yang kami alami sinyal YTN sudah 72% saja namun Fiji TV tetap tidak terlock, jadi bila kasus ini anda alami maka perlu perubahan posisi antena baik itu utara-selatan ataupun memutar atenanya.

Bila sekiranya, saluran-saluran target dari satelit intelsat 19 sudah terlock dengan sempurna maka lanjutkan dengan track satelit eutelsat 172a. Caranya cukup masukan transponder dari channel Hope Channel dan semestinya frekuensi ini sudah terlock otomatis. Selanjutnya silahkan masukan transponder PLTV, silahkan lihat SQ yang ada biasanya sinyal masih loncat-loncat.

Maka pada tahap ini anda perlu memutar-mutar atau meninggikan/merendahkan posisi LNB pada bracket hingga sinyal benar-benar stabil. Pastikan sinyal PLTV dan FIJI TV sebesar 72%, maka semua channel yang lain bisa dipastikan terlock dengan sempurna.

Dibawah ini hasil tracking dengan Cara Menggabungkan Channel Fiji TV dan Channel PLTV Pada Satu Parabola.



Demikian Untuk Cara Menggabungkan Channel Fiji TV dan Channel PLTV Pada Satu Parabola.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggabungkan Channel Fiji TV dan Channel PLTV Pada Satu Parabola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel