Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kerusakan LNB

LNB berfungsi untuk menangkap signal dari satelit yang dipantulkan oleh antena parabola, selanjutnya dihubungkan ke receiver untuk ditampilkan pada Televisi. Banyak pengguna LNB yang mengeluh karena LNB nya rusak dan berefek samping pada signal receiver yang akan menjadi melemah dan bahkan hilang signal, berikut ini saya akan mebagikan informasi penyebab dan cara memperbaiki yang ada pada kerusakan LNB.


Penyebab Kerusakan LNB : 

1. Lubang konektor LNB berkarat/ kropos
Hal ini ditandai dengan lemahnya signal, cekot cekot, bahkan tidak ada sinyal sama sekali. Cara memperbaikinya adalah dengan mengoreknya dengan jarum atau kawat kecil sampai karat hilang, Jika sudah sangat parah sebaiknya ganti saja F konektornya kemudian disambung lagi.

2. Kawat penghubung dalam konektor putus.
Hal ini sering terjadi karena saat kita mencopot baut konektor salah putaran atau terlalu kuat. Cara memperbaikinya adalah dengan membuka penutup rangkaian LNB kemudian kita solder kawat yang copot, kemudian ditutup kembali dan jangan lupa di lem agar air tidak masuk.

3. Switch internal LNB rusak
Pada jenis Twin LNB atau double, salah satu LNBnya biasanya sudah dilengkapi dengan switch 22k internal. Tanda - tanda kerusakannya adalah jika kita gunakan untuk lock satelit yang berfungsi hanyalah salah satu LNB saja. Untuk itu cara memperbaikinya adalah dengan menambahkan switch external diluar LNB, karena komponen yang digunakan LNB adalah jenis micro, maka akan sulit untuk memperbaikinya, apalagi masih pemula seperti saya, hehe.

4. Rangkaian LNB rusak
Mengenai yang satu ini adalah hal tersulit dalam memperbaikinya, karena komponen yang digunakan pada LNB sangat kecil, kalau saya sih mending beli yang baru, karena harganya juga tidak terlalu mahal dibanding memperbaikinya.Namun jika ingin memperbaikinya sebaiknya gunakan cara kanibal saja dengan LNB lain yang sekiranya ada komponen yang masih bisa digunakan. Kerusakan sering terjadi pada penyearah tegangan masuk dari receiver.

Sebenarnya masih banyak lagi kerusakan pada LNB, kerusakan yang diataslah yang biasanya kerap terjadi.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kerusakan LNB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel